Hikmah Sandal Jepit

Hikmah sandal jepit di pagi hari...
Kemaren, seperti biasa gw berangkat kerja naek KRL AC Express Cisadane dari Rawa Buaya ampe Tanah Abang. Dan sebelum sampe Tanah Abang, kereta sempet berhenti di depan pemukiman yang agak kumuh gitu...
Sambil mengamati aktivitas warga sekitar pemukiman, ada yang lagi nyuci dengan air dan ember ala kadarnya, ada yang lagi masak buat persiapan jualan di wartegnya, ada yang lagi ngelamun, ada yang lagi ngelapin motor, ada yang lagi nyuapin anaknya, macem-macem deh pokokna...
Tuz lewatlah seorang pemulung yang mulai berangkat bekerja.
Bekerja??? Ya iyalah... emang memulung itu bukan pekerjaan? Kan mereka mencari barang2 bekas untuk dijual lagi, lalu menghasilkan uang untuk menghidupi diri sendiri n keluarganya. Nah, itu artinya mereka bekerja kan?
Upss... kok jadi ngomongin masalah bekerja. Bukan... kali ini kan gw mo ngebahas masalah hikmah sandal jepit. Hehe... Ok dey lanjuuuutttt....

Nah, saat itu gw tertarik untuk mengamati penampilan si bapak pemulung itu. Dengan kaos lusuh, celana kependekan alias cingkrang, dan peralatan-peralatan lain untuk memulung. Tapi yang membuat gw tertegun adalah sandal jepitnya.
Yaa.. si bapak itu pake sandal jepit dengan warna dan ukuran yang berbeda. Yang satu warna biru dengan ukuran pas di kakinya, dan yang satunya lagi warna kuning dengan ukuran agak kegedean.
Hikmah yang gw dapet dari pemandangan itu adalah :
1. Harus lebih bersyukur dengan apa yang gw dapet skrg. Gw masih single n alhamdulillah masih berkecukupan, yang artinya gw masih jauh lebih beruntung dibanding si bapak itu yang pastinya dia masih harus menghidupi keluarganya.
2. Belajar untuk tidak berlebihan (alias lebay). Si bapak itu aja udah cukup menerima dan bersyukur memiliki sandal, meskipun warna dan ukurannya berbeda. Intinya kan di masalah "fungsi". Yang penting adalah sandal itu masih berfungsi dengan baik untuk melindungi kaki dan menemani beliau bekerja. Ga seperti gw yang ga pernah merasa cukup dengan 1 sandal atau 1 sepatu. Slalu saja berusaha untuk me-match-kan antara sandal dan baju. Baju pink, sandal pink... baju cokelat, sandal cokelat. Fiuh... melelahkan...

Dari satu pemandangan pagi itu, gw sungguh bersyukur dengan apa yang udah gw punya sekarang. Ada kalanya gw harus memandang ke bawah untuk merasa lebih beruntung dan mensyukuri nikmat Allah yang udah diberikan ke gw...

Buat bapak pemulung : Thanks pak udah menginspirasi saya dan udah mengingatkan saya secara ga langsung. Moga bapak berhasil mengumpulkan banyak barang bekas dan menghasilkan uang yang cukup untuk keluarga bapak. Ato setidaknya bisa untuk membeli sepasang sandal jepit yang lebih bagus. Amin...

2 comments:

  1. setuju mbak :)

     
  2. Haduh mbak, jadi inget kemarin2 pengen beli Iphone..;)) padahal fungsinya buat nelpon2 juga yahh :))